Senin, 26 September 2016

cara membuat telur asin


Hal yang perlu diperhatikan ketika Cara Membuat Telor Asin:

Sobat inilah beberapa hal yang harus diperhatikan dengan seksama saat ingin membuat telor asin:
1. Pastikan sobat menggunakan telur bebek kualitas baik. Ciri-cirinya kuning Telur berwarna kemerahan dan tidak bau amis kalau sudah jadi telur asin
2. Cara mengetahui telur bebek kualitas bagus dan tidak amis biasanya yang dihasilnya oleh bebek yang diberi pakan organik dan makanan udang sehingga telur tidak amis dan kuning telur  berwarna kemerahan. Lain halnya jika bebek diberi makan dengan ikan dan dapat dipastikan telur asin yang dihasilkan akan amis. telur Bebek yang bagus diproduksi daerah sekitar blitar, Jawa Timur, dan indramayu.
3. Jika sobat sulit mendapatkan telur bebek, telur ayam biasapun juga dapat dijadikan telur asin.
4. untuk menentukan apakah telur bebek masih memenuhi syarat untuk diproses, melakukan tes dengan memasukkan telur ke dalam wadah yang diisi dengan air. Jika telur tenggelam, itu berarti bahwa telur masih layak untuk konsumsi dan pastikan juga jika telur tidak retak ya sob.
5. Sobat juga harus membersihkan kotoran dari telur yang kemudian keringkan dengan kain. Amplas permukaan telur sehingga porinya pori-pori terbuka.
6. Gunakan air dingin untuk merendam telur.
7. Langkah yang penting juga yaitu menentukan cara untuk membuat telur asin yang Anda inginkan sehingga mereka dapat memperkirakan jenis dan jumlah bahan yang akan digunakan seperti: abu gosok, batu bata merah halus dan garam.
8. Selain itu ada juga ditambahkan ekstrak daun teh ketika membuat telur asin. Mengukur penggunaan 50 gram teh untuk 3 liter air, dan seterusnya.

Ada 3 Cara Membuat Telor Asin:

Dibawah ini ada beberapa cara yang dapat sobat lakukan untuk membuat telor asin:

1. Metode Perendaman dengan larutan air garam

Langkah pertama Siapkan air dan tambahkan garam secukupnya. Aduk sampai garam larut. Kemudian rendam telur yang telah dibersihkan dalam larutan garam selama kira-kira 10 hari dalam wadah tertutup. Jika Anda ingin rasa lebih asin telur lagi, rendamlah telur lagi.

2. Metode Perendaman dengan adonan garam

Langkah-langkahnya yaitu Siapkan adonan garam adalah campuran air dan garam seperti pasta. Kemudian atur telur dengan rapi, dan kemudian siram dengan adonan pasta garam untuk menutupi semua telur dalam wadah. Simpan beberapa hari. Setelah itu siap untuk dikonsumsi.

3. Metode Pemeraman Dengan adonan garam, batu bata dan abu gosok

Metode ini dilakukan dengan cara mencampur Abu gosok, batu merah yang sudah digiling halus dan garam. Aduk rata. Perbandingan campuran 2: 2: 3. Lalu Tambahkan air secukupnya hingga menjadi adonan pasta. Kemudian balurkan rapi sampai telur bebek terbungkus sempurna, dengan ketebalan sekitar 1 cm. Simpan ditempat terbuka sampai waktu yang dikehendaki. Untuk asin yang tidak berlebihan dapat dilakukan selama 7-15 hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar